Tata Cara Shalat Hajat Beserta Doa dan Niatnya

Tata Cara Shalat Hajat Beserta Doa dan Niatnya | Shalat hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan apabila kita memiliki hajat atau keperluan kepada Allah SWT seperti shalat hajat tentang jodoh, shalat hajat tentang rezeki dan hajat lainnya. Shalat hajat disyariatkan secara khusus bagi muslim yang memiliki kebutuhan atau permasalahan apapun karena shalat hajat memiliki keistimewaan sendiri dari Allah dan Rasulullah SAW.


Jumlah rakaat shalat hajat dikerjakan dua rakaat sampai dengan dua belas rakaat, yang masing-masing dengan dua rakaat dalam satu salam. Ayat-ayat yang dibaca pada shalat hajat terserah kita, baik itu membaca surat pendek maupun surat panjang, yang pastinya diawali dengan niat dan bacaan Al-Fatihah seperti disaat kita mengerjakan shalat pada umumnya.

Waktu Shalat Hajat baik dan mustajab, menurut pendapat beberapa ulama sangat baik dan dianjurkan dilakukan pada tengah malam setelah mengerjakan shalat isya dan maksimal shalat hajat dikerjakan sebelum memasuki shalat subuh. Baca juga: Mengurangi Stress dengan Tahajjud

Niat Sholat Hajat

“Ushalli Sunnatal haajati raka’ataini lillahi Ta’aala”.

Artinya : Aku niat shalat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

Berikut ini adalah Tata Cara Sholat Hajat :

  1. Membaca doa iftitah
  2. Membaca Surat Al-Fatihah
  3. Membaca salah satu surat yang anda ketahui. Alangkah lebih baiknya membaca surat Al-Ikhlas di rakaat pertama sedangkan pada rakaat kedua membaca ayat kursi (Surat Al-Baqarah: 255).
  4. Ruku’ dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali
  5. I’tidal dengan membaca bacaannya
  6. Sujud dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali
  7. Duduk diantara dua sujud sambil membaca bacaannya
  8. Sujud dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali
  9. Setelah rokaat pertama, lakukan rakaat kedua seperti tata cara pada rakaat pertama, kemudian pada tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Setelah mengerjakan shalat hajat, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 100, selanjutnya membaca dzikir seperti sholawat nabi, bacaan tahlil dan bacaan tasih dengan duduk khusyu dan penuh keikhlasan.


Demikianlah pembahasan tentang Tata Cara Shalat Hajat Beserta Doa dan Niatnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sholat hajat, bacaan doa sholat hajat, waktu mengerjakan sholat hajat, jumlah rakaat sholat hajat.
Wassalam.

Post a Comment for "Tata Cara Shalat Hajat Beserta Doa dan Niatnya"