mobile

loading...

Inilah 5 Keutamaan Aqiqah Dalam Islam

loading...
Kali ini kita akan membahas tentang 5 Keutamaan Aqidah Dalam Islam. Pengertian Aqiqah menurut bahasa berarti memotong. Menurut Imam Syaukani, Aqiqah adalah sembelihan untuk bayi, sedang al ‘Aqqu pada dasarnya bernama asy suaqqu (memotong). Sembelihan itu dinamakan Aqiqah karena tenggorokannya dipotong.  Menurut Zamakhsyari arti dasar aqiqah adalah rambut bayi. Dan menurut beliau  aqiqah juga berarti kambing yang disembelih.


Hadist Mengenai Aqiqah

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang aqiqah, sehingga aqiqah menjadi sunnah Nabi Muhammad yang mana jika melakukannya akan mendapat pahala, jika tidak melakukannya tidak apa-apa. hadits-hadits itu adalah sebagai berikut:

Para pengarang kitab Sunan (ashabus sunan) meriwayatkan dari Samurah bahwa Rasulullah ? pernah bersabda,

كل غلام رهين بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق رأسه ويسمي

Artinya: “Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh dan dicukur kepalanya serta diberi nama,” (HR An-Nasai: 4149. Sahih oleh Al-Albani dalam Sahih Sunan An-Nasai: 4220).

Imam Ahmad meriwayatkan dari Asma binti Yazid secara marfu,

عن الغلام شاتان مكافأتان وعن الجارية شاة

Artinya: “Untuk seorang anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing, dimana keduanya memiliki kesamaan dan untuk seorang anak perempuan disembelihkan seekor kambing,” (HR Ahmad. Sahih oleh Syeikh Al-Albani dalam Sahihul Jamius Shaghir: 4105).

At-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu Abbas secara marfu,

عَنِ الْغُلاَمِ عَقِيقَتَانِ وَعَنِ الجَارِيَةِ عَقِيقَةٌ

Artinya: “Untuk seorang anak laki-laki dua akikah dan untuk seorang anak perempuan satu akikah,” (HR At-Tabrani. Sahih oleh Al-Albani dalam Sahihul Jamius Shaghir: 4107).

At-Tabrani dan Dhiya’ juga meriwayatkan secara marfu’ dari Burairah,

الْعَقِيقَةُ تُذْبَحُ لِسَبْعٍ أَوْ لأَرْبَعَ عَشْرَةَ أَوْ لإحدى وعشرين

Artinya: “Kambing akikah disembelih pada saat anak berusia tujuh hari, empat belas hari atau dua puluh satu hari,” (HR At-Tabrani. Sahih oleh Al-Albani dalam Sahihul Jamius Shaghir: 4132).

Jumlah Aqiqah yang dibutuhkan untuk anak laki-laki dan perempuan

Secara Dzahir hadits tersebut berarti bahwa anak yang baru lahir itu tertahan dalam dirinya sendiri, terhalang dalam kebaikan yang diinginkannya, maksudnya sebagai pembersih dosa atau kesalahan orangtuanya ketika berhubungan intim tidak membaca basmalah sehingga diganggu setan, namun jika orang tuanya membaca basmalah tidak akan membahayakan anaknya.

Demikian beberapa hadits tentang aqiqah. Menurut hadits-hadits diatas, dapat ditarik kesimpulah bahwa aqiqah adalah penting untuk dilakukan. Untuk anak laki-laki, aqiqah adalah dua ekor kambing sedangkan anak perempuan aqiqah dengan satu ekor kambing. Karena aqiqah ini sunnah, lebih baik melakukannnya bagi orang yang mampu. Jika tidak mampu untuk melakukan aqiqah tidak apa-apa. Adapun hasil aqiqah adalah harus dengan membagikannya kepada masyarakat dalam keadaan matang atau telah diolah dan dimasak.

Dari beberapa hadits diatas pula dapat ditarik kesimpulan atas keutamaan aqiqah yaitu:

1. Mendapat pahala karena melaksanakan sunnah Rasul.
2. Menghilangkan kotoran dan penyakit. Aqiqah juga disertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit.
3. Meningkatkan ibadah kepada Allah.
4. Mendoakan sang bayi. Pada aqiqah biasanya disertai doa-doa untuk mendoakan bayi sehingga dapat menjadi keuntungan untuk bayi yang tiada terhintung jumlahnya.
5. Meningkatkan rasa cinta sosial sesama muslim.

Demikian pembahasan tentang pengertian aqiqah dan 5 keutamaan aqiqah. Apapun ibadah yang kita lakukan, dasarkan dengan ikhlas menjalankannya sesuai ajaran yang diajarkan. Sehingga manfaat yang kita dapatkan bisa mencakup kebaikan agama, dunia, dan akhirat kelak. Wallahu A’lam.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Inilah 5 Keutamaan Aqiqah Dalam Islam"

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link aktif dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.