Breaking News
Loading...
Sunday, 30 June 2013

Menangis Membatalkan Puasa ?


benarkah menangis dapat membatalkan puasa?? jujur gw baru dengar hal ini, karena selama saya mengikuti pengajian selama ini #halah kami tidak pernah mendengar kalau menangis bisa batal puasa. setau gw yang bisa membatalkan puasa itu hanya 3 perkara (kalau salah mohon diralat)

Rasululloh SAW dah menyatakan bahwa HANYA 3 (TIGA) HAL YG MEMBATALKAN PUASA:

1. Makan dengan sengaja
2. Minum dengan sengaja
3. Berhubungan suami istri dengan sengaja

Ketiga hal di atas merupakan hal-hal yg MESTI DIHINDARI agar puasa kita tidak batal (berdasarkan rukun puasa)

Sementara itu, ada pula ada beberapa perkara lagi yg boleh jadi penyebab terbatalnya puasa apabila;

1. Murtad, ialah kembali dari agama Islam kepada kekufuran (kafir)
2. Haid
3. Nifas
4. Melahirkan
5. Hilang ingatan/Gila, walaupun hanya sebentar
6. Pengsan
7. Mabuk (minum minuman keras atau zat yg lain) dengan di sengaja
8. Muntah dengan sengaja

Dengan kata lain, hal-hal selain hal di atas itu BUKANLAH penyebab batalnya puasa. Berbohong, mencuri, korupsi, tidak akan membatalkan puasa. Akan tetapi, PERBUATAN2 BURUK ITU AKAN MENGURANGI/MENGGUGURKAN PAHALA PUASA.

Begitu juga  bila ada orang perempuan di bulan Ramadhan berpakaian menutup aurat sedangkan dibulan2 lain ehmm -_- , malah ada juga yg kata bulan puasa kena tutup aurat takut nanti lelaki2 yg memandang akan terbatal puasa. Apa hubungan menutup aurat dengan membatalkan puasa?

Rasululloh SAW sudah menyatakan dalam salah satu hadis yg cukup terkenal,“Berapa banyak diantara manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhari Muslim).

Dari hadits di atas, terlihat bahwa banyak orang mu’min yg berpuasa namun tidak mendapatkan apa2 kecuali lapar dan haus. Penyebabnya? Perhatikan hadits berikut, Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya.’”

Menangis yang disebabkan oleh apa saja tidak membatalkan puasa. Jika Anda menangis terharu karena mengingat dosa-dosa Anda atau prihatin melihat penderitaan orang lain atau mengingat kebesaran Allah, maka yang demikian itu justru beroleh ganjaran atau pahala. jika seseorang menangis lantaran membaca al-Quran, inilah menangis yang baik. Namun jika seseorang menangis kemudian tidak bisa mengendalikan diri, maka itupun bisa mengurangi kesempurnaan pahala berpuasa.

Nah, udah jelas kan, kalau menangis itu tidak membatalkan puasa. yah tapi kalau menangisi hal yang sia-sia dan membuang waktu akan mengurangi pahala puasa kita. misalnya kita menangis karena bertengkar dengan adik atau kalah abis rebutan remote tv :p #plakk atau kita sengaja nangis tuk minum air mata #nahloh -__- *abaikan*


tapi kalau nangis abis baca ff angst kira2 itu mengurangi pahala puasa gak ya?? ini neh yang perlu gw telusuri lebih lanjut .__. *digetok Saerim*

3 komentar:

  1. Itu artikelnya gantung:/
    Maunya ditulis juga gimana puasa kita kalo baca fanfic angst/hurt&comfort. Hehe
    Keep writing

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tdak membatalkan puasa, ttapi mengurangi faidah dari puasa itu sndiri.

      Delete
  2. Sekiranya sy menngis ketika bergaduh dgn family dan tersedak ketika itu apkah hukumnya?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.

 
Toggle Footer