Empat Perkara yang Wajib Dipelajari Setiap Muslim

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Setiap muslim pasti menginginkan yang namanya kebahagian di dunia dan akhirat, kebahagian itu tidak bisa diraih dengan berangan-angan tetapi dengan usaha dan do'a. Kebahagian tersebut diraih dengan mempelajari empat perkara yang merupakan kewajiban setiap muslim dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Berikut Empat Perkara yang Wajib Dipelajari Setiap Muslim:

Pertama: Ilmu yang mencakup tiga perkara diantaranya adalah: Mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala, Mengenal RasulullahMengenal agama Islam, semua hal itu berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Sunnah.
Kedua: Mengamalkan ilmu yang telah dipelajari, karena ilmu dituntut untuk diamalkan bukan untuk memperbanyak pengetahuan.
Ketiga: Mengajak kepada kebenaran yang telah dipelajari dan diamalkan.
Keempat: Bersabar menghadapi cobaan dalam mengajak kepada kebaikan.

Inilah empat karakter/sifat orang orang yang beruntung dunia dan akhirat, sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah ta'ala dalam surat Al-'Ashr.

وَالْعَصْرِ. إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Artinya: (1) Demi masa (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati dengan kebenaran dan nasehat menasehati dengan kesabaran. (Al-Ashr: 1-3)

Dengan ilmu yang benar yang membuahkan iman dan keyakinan kemudian amal sholeh yang ikhlas dan berlandaskan sunnah, seseorang telah menyerpurnakan dirinya beribadah kepada Allah. Dan dengan mengajak kepada kebaikan dan sabar dalam menghadapi cobaan maka dia telah menyempurnakan diri saudaranya, karena orang yang mulia adalah orang yang baik dirinya dan berbuat baik kepada orang lain.

Maka pantas saja Imam Syafi'I rahimahullah mengomentari ayat di atas dengan perkataannya: "Seandainya Allah tidak turunkan hujjah atas hamba-Nya kecuali surat ini, sungguh telah cukup bagi mereka".

Maksudnya: Barangsiapa yang merenungi surat Al-'Ashr dan memahami kandungannya sungguh telah cukup baginya sebagai motivator untuk menyelamatkan dirinya dari kerugian dan kesengsaraan, Wallahu a'lam.

Itulah pembahasan tentang Empat perkara yang wajib dipelajari setiap muslim, semoga kita menjadi muslim yang baik dan tidak menjadi muslim yang merugi,Amin.
Wassalam

Post a Comment for "Empat Perkara yang Wajib Dipelajari Setiap Muslim"