Kriteria Wanita Yang Disunnahkan Dipilih Menjadi Istri

Pada Artikel sebelumnya penulis telah share buat para muslimah tentang beberapa kriteria lelaki yang disunnahkan dipilih menjadi suami. Kali ini penulis akan share tentang kriteria wanita yang disunnahkan dipilih menjadi Istri. Semoga lekas dipertemukan dengan yang shalihah, yang sudah bertemu khitbah aja deh, sebelum diambil oleh orang.


Berikut ini kriteria wanita yang disunnahkan dipilih menjadi istri:

1. Taat Beragama
Sama halnya dengan mencari calon suami, jika ingin mencari wanita sebagai istri maka sangat dianjurkan sekali mencari wanita yang taat beragama. seperti yang disampaikan hadis berikut ini:

Artinya"Maka pilihlah wanita yang mempunyai agama (taat), niscaya engkau beruntung" (HR. Al Bukhari no. 5090, Muslim no. 1466)

2. Berasal dari Keturunan Terhormat dan Kaya
Selain taat beribadah, alangkah lebih bagus juga memiliki paras yang cantik, berasal dari keturunan yang baik dan kaya.

Artinya: "Wanita itu dinikahi karena empat hal: hartanya, kecantikannya, nasabnya dan agamanya. Maka pilihlah yang baik agamanya, niscaya engkau beruntung"(HR. Al Bukhari no. 5090, Muslim no. 1466)

3. Lembut dan Penuh Kasih Sayang
Artinya: "Sebaik baiknya wanita yang mengendarai unta adalah para wanita Quraisy yang shalihah, mereka sangat mengasihi anaknya yang masih kecil dan sangat menjaga harta suaminya" (HR. Al Bukhari no. 5082, Muslim no. 1102)

4. Memilih yang Masih Gadis atau Perawan
Dianjurkan memilih wanita yang masih gadis, bukan berarti tidak boleh menikahi wanita yang tidak gadis lagi atau janda. karena memilih yang gadis dapat bercanda ria dengannya, seperti hadits di bawah ini.

Artinya: "Gadis atau janda?" jabir menjawab "janda", Beliau bersabda "Mengapa tidak gadis sehingga engkau dapat bercanda ria dengannya dan dia juga dapat bercanda denganmu?" (HR. Al Bukhari no. 5079, Muslim no.715)

5. Cantik, Taat dan Dapat dipercaya
Artinya: " Yang menyenangkan jika dipandang, taat jika diperintah dan tidak menyelisihi suaminya dalam hal yang tudak disukainya dan juga dapat dipercaya dalam urusan hartanya" (HR. An Nasai 6/36, Ahmad no. 7373, shahih)


6. Penuh Kasih Sayang dan Subur
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan agar menikahi wanita yang penuh kasih sayang dan subur atau tidak mandul. 

Demikian pembahasan tentang 6 kriteria wanita yang disunnahkan dipilih menjadi istri. Bagi yang belum dipertemukan, semoga lekas dipertemukan dengan wanita yang sholeha. Aminn.

Post a Comment for "Kriteria Wanita Yang Disunnahkan Dipilih Menjadi Istri"